Coconut Chocolate!

Oye, kali ini calis dan calsu berkreasi lagi dengan coklat. Eksperimen kali ini agak berbeda dengan eksperiman-eksperimen sebelumnya. Hahaha, maklum, yang kali ini pengen yang coklat beneran, coklat diolah menjadi coklat yang laen! Ayuk, intip perjalanan calis dan calsu mengubah coklat menjadi coklat lain.

Jadi kali ini, namanya kalau tidak salah Coconut Chocolate. Coconut? Yuppie, ada kelapanya, kelapa yang uda diserut halus. Nah, bahan yang diperlukan adalah coklat (seperti pada umumnya), lalu coklat putih,  dan kelapa yang sudah diserut halus. Baiknya, coklatnya coklat masak, supaya bisa leleh dengan baik.

coklat putih
Nah pertama-tama, siapkan kelapa yang sudah diserut dan keringkan serutan kelapa tersebut. Selanjutnya, lelehkan coklat putih sampai benar-benar leleh. Dalam kesempatan kali ini, calis dan calsu tampaknya salah dalam memilih coklat yang akan dilelehkan, karena saat kami lelehkan ternyata susah lelehnya. Padahal sudah dilelehkan dengan proses yang benar dan dalam waktu yang cukup lama, tapi tidak leleh juga. Kalian tahu kan cara melelehkan coklat yang benar? Siapkan 2 wadah, wadah yang pertama usahakan memiliki mulut yang lebih kecil daripada wadah kedua. Isi wadah yang bermulut kecil dengan air kira-kira setengahnya dan taruh di atas api kompor, dan letakkan wadah kedua yang telah diisi dengan coklat di atas wadah pertama. Biarkan coklat leleh karena uap dari wadah yang ada di bawahnya. Itu akan menghasilkan coklat yang bagus :)

coklat putih + serutan kelapa
Nah, lanjut saja, jika sudah leleh coklat putihnya, dinginkan coklat putih sebentar saja, tapi jangan sampai mengeras. Sambil campurkan kelapa yang sudah diserut tadi ke dalam coklat putih yang telah meleleh. Jika sudah dingin, mulai bentuk bulatan-bulatan kecil sampai semuanya habis. Letakkan di wadah yang sudah dilapisi aluminium-foil. Nah, setelah selesai semuanya, masukkan ke dalam lemari es terlebih dahulu supaya mengeras. Selanjutnya kita lelehkan coklat biasa sama seperti cara melelehkan coklat putih di atas. Lelehkan sampai benar-benar leleh dan sisihkan. Kembali lihat coklat putih yang tadinya sudah ditaruh di lemari es, jika sudah cukup keras, mulai celupkan satu per satu coklat putih tadi ke dalam coklat yang baru saja anda lelehkan, sampai coklat puth tersebut tertutupi sepenuhnya dengan coklat tadi. Nah, setelah itu letakkan kembali ke dalam wadah yang sudah diberi aluminium-foil. 

Coconut Chocolate
Dalam kasus kami, karena ada sedikit kesalahan dalam pemilihan coklat, jadinya punya kami aneh banget deh x_x. Belepotan sana sini, tapi gak belajar kan kalo gak salah. Yaaa, ada sedikit sisa coklat dan kami camput dengan cocoa bubuk supaya warnanya sedikit lebih petak lagi dan akhirnya kami jadikan sebagai topping. Yaaa, walau dari segi bentuk tak meyakinkan, kami masukkan lemari es lagi dan setelah dingin ternya enak lhoo! Mungkin yang menyebabkan sedikit berbeda karena ada serutan kelapa tadi. Kalian boleh coba deh, dan kami harap kalian berhasil! Selamat mencoba :) Lain kali kami pasti lebih baik dari kali ini.


December - January 2010 - 2011
Calis & Calsu

0 comments:

Post a Comment

Contributors

Powered By Blogger